Home » » 7 Penyebab Timbulnya Benjolan Di Ketiak

7 Penyebab Timbulnya Benjolan Di Ketiak

Benjolan diketiak bisa terjadi pada siapa saja tanpa melihat usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh.

Penyebab dari benjolan ketiak ini juga beragam, akan tetapi pada umumnya benjolan ini bisa muncul di ketiak akibat kelenjar getah bening yang membesar.

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh manusia yang mempunyai fungsi untuk melawan infeksi.

Apakah berbahaya? Sebetulnya tidak, akan tetapi untuk beberapa kasus, benjolan di ketiak bisa jadi pertanda adanya masalah yang serius.


Berikut adalah 7 penyebab timbulnya benjolan di ketiak yang harus diketahui :

1. Infeksi bakteri
Benjolan berupa bisul bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri. Seperti akibat sering menggaruk atau mencabut bulu ketiak sehingga bakteri masuk melalui pori-pori dari folikel rambut.

2. Abses (penimbunan nanah)
Benjolan yang diakibatkan abses akan terasa panas dan disertai demam. Biasanya akan teraba sakit apabila disentuh dan membutuhkan penanganan oleh dokter.

3. Alergi
Benjolan yang terasa gatal bisa diakibatkan reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan.

4. Virus
Benjolan di ketiak bisa timbul bersamaan dengan penyakit penyerta yang sedang dialami. Seperti cacar air, herpes zoster, atau AIDS.

5. Lipoma
Benjolan tidak sakit serta bertekstur lunak sering diakibatkan oleh lipoma atau kumpulan lemak antara otot dan kulit. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan tindakan pembedahan apabila mengganggu kenyamanan.

6. Kanker
Apabila benjolan teraba keras dan tidak bergerak ketika disentuh dan mempunyai riwayat keluarga dengan kanker payudara, bisa jadi adalah gejala awal dari kanker payudara. Bukan itu saja, waspadai juga gejala awal dari kanker getah bening.

7. Hormon
Tidak jarang wanita mengeluhkan adanya benjolan di ketiak ketika sedang menstruasi. Ini merupakan hal yang normal. Walaupun pada umumnya tidak berbahaya, anda tetap tidak boleh menyepelekan benjolan diketiak. Segeralah periksakan diri apabila benjolan tersebut makin membesar, makin terasa sakit, atau menimbulkan gejala penyerta seperti demam, batuk, dsb.

Selanjutnya dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik terhadap Anda untuk menentukan penanganan yang tepat.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Master MJ - All Rights Reserved | Obat Kanker Hati
Proudly powered by Tanya Herbal